Berburu Spot Instagramable Bareng Bestie di Sekitar Labuan Bajo

Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi yang sering masuk daftar liburan.

Nah, jika Anda belum sempat mengunjungi tempat ini, ada baiknya Anda dan sahabat Anda membuat jadwal liburan di Labuan Bajo. Jika sudah siap berlibur ke Labuan Bajo, belum lengkap rasanya jika belum melihat habitat komodo di Taman Nasional Komodo (TNK).

Berada di kawasan TNK, terdapat banyak destinasi wisata seru dan spot-spot yang instagramable. Kini saatnya melengkapi agenda perjalanan Anda agar lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi:

1. Pulau Padar

Pulau Padar merupakan destinasi wisata #WonderfulIndonesia yang menjadi tujuan para wisatawan asing maupun domestik yang berlibur di kawasan Labuan Bajo. Pulau Padar menawarkan pemandangan magis yang dapat memukau setiap traveler, sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka berfoto dengan latar pemandangan alam yang indah.

Dari atas bukit, Anda dapat berpose dengan punggung menghadap serangkaian pulau indah yang rumit. Ya, dari puncak ini Anda bisa melihat perahu wisata, pantai dan hamparan laut lepas dengan rona kebiruan yang memukau.

Oh ya, waktu terbaik untuk berfoto bisa datang ke Pulau Padar pada pagi atau sore hari. Anda bisa berfoto menghadap laut biru saat matahari terbit atau menikmati pemandangan matahari terbenam yang sayang untuk dilewatkan.

2. Air Terjun Cunca Wulang

Tempat wisata ini terletak sekitar 26 kilometer sebelah timur Labuan Bajo. Jika Anda penggemar petualangan, maka sangat cocok untuk datang ke tempat ini, karena Anda harus menuruni perbukitan sekitar empat kilometer dari desa Wesawa.

Setelah sekitar satu jam perjalanan, Anda akan sampai di Air Terjun Cunca Wulang. Di sini Anda bisa melihat tebing-tebing yang terbentuk ribuan tahun lalu. Sebelum berenang di air biru yang jernih dan segar, Anda bisa berfoto dengan latar tebing yang menjulang tinggi.

3. Pantai Merah Muda

Ingin liburan tak terlupakan bersama sahabat? Coba kunjungi salah satu tempat wisata bahari yang ada di #DiIndonesiaAja yaitu Pantai Pink. Tempat wisata unik ini terletak tepatnya di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tentu saja, bermain pasir dan karang merah muda adalah tempat di mana Anda dapat mengabadikan momen Anda.

Selain itu, Anda bisa snorkeling sebagai aktivitas utama berlibur di pantai ini. Tentu saja ada banyak spesies ikan dan karang yang indah.

4. Pulau Kanawa

Dilihat dari jauh, keindahan pulau ini sungguh luar biasa. Bukitnya terlihat berwarna coklat, dengan pasir putih dan lautan gradasi hijau kebiruan.

Pulau Kanawa merupakan pulau kecil di perairan Flores dengan pesona bawah laut yang tak terbantahkan. Di sini Anda bisa berfoto sambil berjalan di atas jembatan. Selain itu, Anda juga bisa berfoto selfie dari atas bukit di tengah pulau.

5. Wae Rebo

Ini adalah desa wisata yang menawarkan warisan budaya dan alam yang indah dan unik. Alangkah indahnya, Wae Rebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, NTT ini dibangun di atas hamparan rerumputan hijau dan dikelilingi pegunungan.

Wae Rebo wajib masuk dalam daftar liburan kamu karena tidak hanya bisa berfoto di desa wisata ini, kamu dan teman-teman juga bisa melihat berbagai budaya tradisional yang ada di Wae Rebo.

Nah untuk penginapannya, kamu bisa memilih tempat yang sesuai dengan budget kamu. Jika kamu dan teman-teman memang orang yang menyukai kesederhanaan alias backpacker, kamu bisa memilih One Tree Hill Hostel. Namun, jika Anda menginginkan pilihan akomodasi yang lebih lengkap, Anda bisa bermalam di Laprima Hotel atau Plataran Komodo Resort & Spa.

Semua penginapan tersebut memiliki standar protokol kesehatan yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Kepatuhan Lingkungan (Environmental Sustainability) atau CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Selain harus selalu menerapkan protokol kesehatan saat berlibur, tentunya dengan penerapan standar CHSE bagi pelaku usaha di bidang pariwisata membuat Anda lebih aman dan nyaman saat bepergian seperti sekarang di masa pandemi.

Jika menikmati petualangan di Labuan Bajo menyenangkan, tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang makanan khas daerah ini. Ya, kamu bisa ikutan #BeliKreatifLokal untuk berbelanja berbagai kerajinan lokal seperti kain tenun, kopi Manggarai, kopi Bajawa dan masih banyak lagi. Dengan membeli produk lokal, Anda berkontribusi membangun ekonomi lokal melalui UMKM Anda dan menghasilkan.