Cerita Akhir Pekan: Memilih Destinasi Ekowisata Selama Libur Lebaran!

Liburan lebaran sering digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan mengunjungi destinasi wisata. Saat ini ada beberapa cara agar wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan belajar tentang budaya yang berbeda, misalnya melalui ekowisata.

Berbagai persiapan juga telah dilakukan untuk destinasi ekowisata, seperti ekowisata Taman Sungai Mudal. Destinasi wisata ini terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, D.I. Yogyakarta.

Untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri di Ekowisata Sungai Mudal, kami memperbaiki jembatan dan menggantinya dengan besi, tetapi dengan motif bambu,” kata Mudiheriyanto selaku ketua pengelola ekowisata Liputan6. 22 April 2022.

Mudi menambahkan, tim pengelola juga sudah bersurat keras untuk mengganti jalan di kawasan wisata itu dengan batu bulat. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi jalan licin saat hujan.

“Kami juga melakukan pembersihan dan gerakan pembersihan di tempat yang sama dengan jalan-jalan untuk mengantisipasi Hari Raya Idul Fitri,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membangun panggung multifungsi yang nantinya bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat dan bersantai. Namun, penggunaannya dalam kapasitas minimum untuk menghindari keramaian.

Sebagian besar favorit para tamu adalah berenang. Selain kolam anak, saat ini tersedia beberapa Becent kedalaman, ada dua kolam, satu meter dan 70 sentimeter,” kata Mudi.