Deretan Pantai Indah untuk Disinggahi Saat Mudik di Jalur Pantai Selatan Jawa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoljono mempromosikan Jalur Pantai Selatan atau Pansela sebagai jalur alternatif bagi pemudik. Selain mengurangi kepadatan di Jalur Pantai Utara dan Jalur Tengah, Jalur Pansela menawarkan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi saat mudik Lebaran 2022.

Menurut Visiting Jogja, ada sejumlah wisata pantai yang bisa dikunjungi di jalur Pansel. Mulai dari Kabupaten Kulon Progo, ada sekitar lima wisata pantai yang bisa disinggahi para traveler. Mulai dari Mangrove Kadilangu, Pantai Congot, Pantai Glagah, Pantai Bugel hingga Pantai Trisik.

Salah satu pantai khas di Kabupaten Kulon Progo adalah Pantai Glagah dengan pasir hitamnya. Pantai ini memiliki gumuk pasir, rerumputan yang renyah, dan Laguna Glagah yang luas.

Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan di sini mulai dari perjalanan perahu, berenang, hingga memancing. Selain itu, ada agrowisata semangka, melon, naga dan cabai yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Ada kurang lebih empat wisata pantai di Kabupaten Bantul dalam perjalanan menuju kecamatan berikutnya pada rute tersebut. Mulai dari Pantai Baru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas dan Pantai Parangtritis.

Salah satu pantai yang paling terkenal di Bantul adalah Pantai Parangtritis. Namun juga pantai lain seperti Pantai Goa Cemara menawarkan pengalaman unik. Salah satunya adalah pintu masuk pantai berupa goa yang terbuat dari pohon pinus. Spot foto yang populer di kalangan wisatawan adalah pantai dengan deretan pohon pinus di pinggir pantai.

Lanjut ke kecamatan berikutnya yaitu Kabupaten Gunungkidul. Kabupaten ini juga memiliki kawasan wisata pantai mulai dari Pantai Kesirat, Pantai Ngobaran, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Wediombo, Pantai Siung dan Pantai Sadeng. Pantai Siung dan Pantai Sadeng merupakan dua tempat wisata yang digandrungi wisatawan.

Tebing tinggi yang mengelilingi Pantai Siung menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Berdasarkan keunikan tersebut, pemerintah Yogyakarta akhirnya meresmikan Pantai Siung sebagai tempat olahraga ekstrim panjat tebing.

Pantai Sadeng juga memiliki pesona unik tersendiri. Di pantai ini, pengunjung dapat melihat jalur dan muara Bengawan Solo Purba. Tidak hanya sebagai objek wisata, Pantai Sadeng juga merupakan salah satu pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai untuk menikmati kemajuan industri perikanan Sadeng.

Wisatawan yang melakukan perjalanan melalui jalur pantai selatan mungkin bisa menyempatkan diri untuk singgah di beberapa destinasi wisata pantai tersebut di atas untuk melepas penat setelah menempuh perjalanan panjang pulang. Sejauh ini, Bus D-3 jalur Lebaran masih cukup sepi pemudik.