Harga Tiket Pulau Komodo Hingga Jutaan Rupiah, Berikut Destinasi Lain Sekitar Labuan Bajo

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Nunung Rusmiati, menjelaskan bahwa dampak kenaikan tiket masuk Pulau Komodo memberikan bagi para wisatawan dan pelaku industri pariwisata daerah sekitar. Menurut informasi yang beredar, terdapat kurang lebih 5.000 wisatawan membatalkan liburannya di Pulau Komodo. P

Para wisatawan pun memilih destinasi alternatif lain di daerah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang masih terjangkau. “Angka tersebut cukup besar, dampaknya pun juga besar,” ujar Nunung.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Nunung menyatakan bahwa dampak kenaikan tiket masuk Pulau Komodo akan memberikan pengaruh yang besar terhadap destinasi Labuan Bajo ke depannya. Selain itu, kenaikan juga memberikan kesulitan bagi para pengusaha anggota Asita yang sudah kadung menetapkan harga untuk paket liburan ke Taman Nasional Komodo sejak jauh hari, seperti yang dikutip dalam Tempo.co.

Namun, bagi para wisatawan yang ingin tetap menikmati keindahan alam kawasan Labuan Bajo, terdapat beberapa destinasi wisata alternatif lainnya yang masih terjangkau. Berikut daftarnya.

1. Bukit Cinta Labuan Bajo

Bukit Cinta Labuan Bajo berada di dataran Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores Barat. Lokasinya berada sekitar 10 menit ke arah utara dari pusat Kota Labuan Bajo atau Bandar Udara Internasional Komodo. Harga akomodasi Bukit Cinta ini juga relatif lebih terjangkau, misalnya penginapan di sana yang membuka harga mulai dari Rp150.000,00 per malam.

Bukit Cinta memiliki pemandangan yang sangat menawan dan romantis sehingga dinamakan demikian. Bukit yang bentuknya setengah lingkaran ini memang langsung berbatasan dengan laut. Biasanya, para wisatawan mengunjungi Bukit Cinta ketika senja karena pemandangan yang ditawarkan sangat indah.

2. Pink Beach

Pantai ini memang memiliki pasir yang berwarna pink karena terdapat hewan Foraminifera yang bisa memberikan warna merah pada koralnya. Perpaduan koral merah dan pasir putih inilah yang membuat pantai ini berwarna pink.

Harga tiket masuk destinasi wisata kawasan Labuan Bajo yang satu ini relatif murah. Para wisatawan asing hanya perlu menyiapkan uang sejumlah Rp50.000,00 sedangkan wisatawan lokal hanya memerlukan Rp10.000,00 untuk bisa menikmati indahnya pantai ini.

3. Waerebo

Melansir situs kemenparekraf.go.id, Waerebo adalah sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Desa ini hanya memiliki 7 rumah utama atau Mbaru Niang.

Desa Waerebo menawarkan wisata budaya dan alam yang sangat asri dan unik. Letaknya yang cukup terpencil dan berada di atas ketinggian, semakin menambah kesan keasriannya sehingga para wisatawan yang datang merasakan bagaikan tinggal di negeri atas awan. Untuk para wisatawan yang tertarik mengunjunginya, tidak perlu menyiapkan biaya tiket masuk, tetapi siapkan uang ratusan rupiah untuk biaya akomodasi dan penginapan di sana.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

4. Goa Batu Cermin

Goa ini memiliki pesona yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Saat memasuki goa ini, sinar matahari akan masuk melalui celah-celah dan terpantul pada dinding gua. Inilah yang membuatnya seperti cermin dan memberikan keindahan yang membuat para wisatawan tersihir.

Tidak perlu menyiapkan biaya yang banyak, para wisatawan hanya perlu menyiapkan Rp 20 ribu saja untuk biaya tiket dan dapat langsung menikmati keindahannya.

5. Sawah Lingko

Sawah yang akan berada di daerah Labuan Bajo ini akan berbeda dengan yang lainnya. Persawahan ini memiliki tata ruang juga komposisi yang sangat unik. Akibatnya, sawah ini terlihat seperti jaring laba laba dan melingkar hijau yang dapat menyejukkan mata. Suasana pedesaan yang asri juga sangat terasa di tempat ini. Para wisatawan hanya memerlukan biaya sebesar Rp 20 ribu untuk menikmat keindahan Sawah Lingko di Labuan Bajo.