Kawasan Prambanan Penghasil Sekam Padi, Limbah yang Bukan Sekadar Pengawet Es

Destinasi wisata Candi Prambanan seolah menjadi pembatas antara Kabupaten Klaten di Jawa Tengah dengan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama ini, daerah tersebut dikenal sebagai penghasil beras terbesar dengan luasan sawah ribuan hektar.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno mengatakan di balik potensi kawasan lumbung padi terbesar di Pulau Jawa, belum banyak masyarakat yang memanfaatkan sekam atau dedak, limbah beras, sebagai bahan energi terbarukan. Sekam adalah bagian beras yang kering, bersisik, dan tidak dapat dimakan yang menjadi limbah.

Biasanya sekam padi hanya digunakan sebagai pengawet es batu,” kata Sumarno, Rabu, 15 Juni 2022 saat berkunjung ke pusat boiler biomassa di PT Sarihusada Prambanandhika, pabrik Generasi Mahardhika. Bahkan, menurutnya sekam padi mendukung energi terbarukan dan mengurangi emisi CO2.

Pabrik yang terletak di sebelah timur Candi Prambanan ini merupakan satu-satunya di Pulau Jawa yang menggunakan sekam padi untuk lebih dari 30 persen kegiatan manufakturnya. “Dari pabrik ini saja dibutuhkan 10.500 ton sekam padi setiap tahun sebagai bahan bakar pengganti karbon. Tapi daerah sekitar mereka hanya bisa menyediakan 20 persen saja,” kata Sumarno.

Ia melihat para petani di sekitar pabrik, seperti Prambanan, Klaten, dan Sleman, akan bisa mempercayai industri dengan cangkang. Di pabrik, cangkang menjadi energi terbarukan yang diubah menjadi biomassa. Pemanfaatan kerang, lanjut Sumarno, merupakan peluang yang baik karena belum banyak yang menganggapnya sebagai sumber energi terbarukan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Perwakilan pabrik PT Sarihusada Prambanan Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pembangkit biomassa boiler menggunakan sekam padi merupakan satu-satunya di Jawa Tengah. Ketel biomassa di pabrik ini dapat mengurangi emisi karbon sebesar 8.300 ton CO2 atau setara dengan emisi karbon yang dihitung dengan menanam 120.000 pohon,” ujarnya.

Rapper Yogyakarta yang juga aktivis pertanian, Marzuki Mohamad atau Kill the DJ, mengatakan sektor industri dan pertanian harus mampu menciptakan sinergi dalam mitigasi perubahan iklim. Penggunaan sekam padi tidak hanya mengurangi emisi CO2,” ujarnya. Hasil pembakaran berupa abu juga dapat digunakan sebagai pupuk.