Mengenal Kearifan Lokal di Desa Wisata Budaya Nunuk Baru

Desa wisata budaya Nunuk Baru menawarkan berbagai kearifan lokal yang menarik untuk dijelajahi. Desa wisata ini terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dikutip dari Jaringan Desa Wusata (Jadesta) Kemenparekraf, Senin 25 April 2022, Nunuk Baru merupakan salah satu desa wisata berbasis budaya di selatan kota Majalengka. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota atau memakan waktu sekitar 45 menit dengan mobil.

Masyarakat desa ini menjaga dan merawat adat, tradisi dan kearifan lokal sebagai warisan nenek moyang. Keindahan alam perbukitan, lembah dan ngarai dapat dijadikan sebagai ekowisata untuk melestarikan lingkungan dan kearifan lokal.

Baru Masyarakat Nunuk masih mempertahankan adat dan tradisi tahunan yang selalu diwariskan secara turun-temurun, seperti di bidang pertanian. Sebut saja Hajat Guar Bumi (siap mengolah tanah), Hajat Pareresan (setelah tanam) dan Tahun Buku Hajat (setelah panen), Nyiramkeun warisan leluhur.

Kesenian tradisional yang belum tercampur dengan seni modern seperti Silat Buhun, Bongbang, Debus, Rampak Lesung, Tari Tenun Gadod. Masyarakat juga masih mengelola warisan leluhurnya dengan membuat tenun tradisional Gadod secara turun temurun.

Nunuk Baru juga memiliki kuliner khas. Jenis makanan atau minuman yang dikenal khas desa Nunuk Baru adalah Gula Kawung/Aren, Lahang/Wedang.