Pilihan Kuliner Lezat Kawasan Sekitar Candi Borobudur

Dalam beberapa hari terakhir, Candi Borobudur di Magelang menjadi perbincangan banyak orang.

Borobudur ramai dibahas setelah Menteri Koordinator Maritim dan investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan memutuskan untuk menaikkan tiket Candi Borobudur, tepatnya tarif naik ke badan Candi Borobudur.

Keputusan ini dikeluarkan oleh Luhut dengan alasan menjaga situs Candi Borobudur dan mencegah keausan batu di Candi Borobudur. Keputusan yang dikeluarkan oleh Luhut ini kemudian banyak dikecam dan dikritik oleh banyak pihak.

Destinasi Wisata Super Prioritas

Sebagai informasi, Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Namun, tahukah Anda bahwa ketika berkunjung ke Kawasan Borobudur, Anda tidak hanya menikmati wisata candi dan budaya saja.

Di kawasan Candi Borobudur, Anda bisa menikmati beberapa sajian kuliner khas Magelang yang memiliki rasa lezat dan menggugah selera. Ada apa saja?

Sop Senerek

Sop senerek merupakan sajian sop yang khas di wilayah Magelang dan akan mudah Anda temui di sekitar Borobudur. Sop ini terdiri atas daging sapi dengan tambahan kacang merah dan juga wortel. Sop ini memiliki rasa yang gurih dan menyegarkan. Salah satu fakta menarik dari sajian ini adalah sop senerek adalah adaptasi dari kuliner Belanda, bruinen bonen zoep.

Ndas Beong

Ndas beong merupakan kuliner yang mudah ditemui di sekitar Kawasan Borobudur. Kuliner ini berbahan dasar ikan beong yang hanya ditemui di Sungai Progo. Bagi Anda penyuka makanan pedas, ndas beong sangat cocok bagi Anda karena sajian ini menawarkan rasa pedas yang menguggah selera. Namun, bagi Anda yang tidak terlalu suka makanan pedas, Anda bisa memesan ndas beong yang tidak pedas.

Nasi Lesah

Bagi Anda yang menginap di Kawasan Borobudur dan ingin berburu kuliner di pagi hari, nasi lesah bisa menjadi pilihan yang cocok. Nasi lesah merupakan kuliner khas dari Magelang dengan rasanya yang segar.

Nasi lesah mirip dengan soto, tetapi kuah pada nasi lesah menggunakan santan. Biasanya nasi lesah disajikan dengan suwiran ayam di atasnya dan cocok disantap untuk sarapan.

Es Pleret Magelang

Bagi Anda yang ingin mencicipi minuman zaman dulu yang menyegarakan, es pleret ini bisa menjadi pilihan. Es pleret merupakan minuman yang terbuat dari adonan tepung beras dan disajikan bersama dengan santan serta sirup. Es ini memiliki rasa yang menyegarkan dan cocok disantap siang hari.

Itulah beberapa kuliner lezat yang bisa Anda cicipi ketika berada di wilayah Candi Borobudur.