Ragunan Hadirkan Atraksi Baru saat Lebaran, Bisa Kasih Ketupat ke Satwa

Taman Margasatwa Ragunan menyambut libur lebaran 2022 dan menghadirkan atraksi wisata baru untuk memikat pengunjung berwisata. Wisatawan yang ingin berlibur ke Ragunan saat Lebaran bisa mengikuti atraksi memberi makan hewan dengan berlian.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati mengatakan atraksi yang diberi nama Feeding Time Ketupat ini dihadirkan sebagai atraksi baru yang disiapkan untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

“Untuk menarik pengunjung di Idul Fitri ini, kami akan mengadakan acara Feeding Time Ketupat untuk hewan seperti gorila, gajah, dan harimau,” kata Endah saat menghadiri acara resmi Ragunklä Zooabga Ragunkl, Sabtu (30/4).
Endah yang kelompoknya merancang ketupat, yang kemudian disebut-sebut sebagai tempat makan hewan. Ia juga mengatakan pengunjung juga bisa memberi makan hewan secara langsung.

Nanti kita masukkan makanannya ke dalam ketupat. Ketupatnya sudah kami rancang dan akan kami layani programnya di hari raya Idul Fitri,” tambah Endang.

Endang mengatakan bahwa objek wisata ini hanya akan tersedia pada saat Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 3 Mei hingga 8 Mei 2022.
Untuk memberi makan gajah sumatera, pengunjung bisa berkomentar pada 5, 7 dan 8 Mei 2022 pukul 11.00 WIB. Kemudian gorila (5 & 8 Mei 2022) pukul 10.00 WIB, Harimau Sumatera (3, 4, 7 & 8 Mei 2022) pukul 13.30 dan orangutan (tanggal 3, 4, 6 dan 8 Mei 2022) pada pukul 09.00 WIB.
Kemudian Kangkareng Hitam (3, 5 dan 6 Mei 2022) pada pukul 10.00 WIB dan Monyet dan Monyet (4, 5 dan 7 Mei 2022) pada pukul 09.oo WIB.

Selain menampilkan atraksi memberi makan hewan dengan berlian, Endah mengatakan Taman Margasatwa Ragunan juga menawarkan atraksi baru melalui hewan-hewan baru yang telah berhasil dikembangbiakkan.

“Untuk hewan baru kami, kami memiliki operasi penangkaran kera putih, kera hitam dan buaya (muara) yang juga telah berhasil. Pada akhir April kami benar-benar memiliki sapi batubara yang baru lahir. Spesies primata kita juga berhasil, katanya.

Selain itu, Taman Margasatwa Ragunan juga menghadirkan penangkaran harimau sumatera. Salah satu satwa Sumatera yang terancam punah juga bisa ditemukan di Kebun Binatang Ragunan.

Harimau sumatera kita juga salah satu yang sukses, kita punya 24,” lanjut Endah.
Endah mengatakan, total satwa yang ada di Kebun Binatang Ragunan sebanyak 2.294 individu yang terbagi dalam 220 spesies atau spesies.

Di sinilah kami berbagi untuk memenuhi kebutuhan kebun binatang lainnya,” pungkasnya.

Kebun seluas 140 hektar ini dibuka dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang lebih ketat.
Kebun Binatang Ragunan adalah tempat yang tepat untuk wisata edukasi bagi anak-anak. Anda dapat memperkenalkan anak-anak Anda dengan berbagai jenis hewan mulai dari buaya, gorila, jerapah, orangutan, tapir, anoa, harimau sumatera, babi rusa hingga burung merak.
Sebelum Anda berwisata ke Ragunan, berikut syarat dan ketentuan terbarunya:

1. Wajib melakukan registrasi online untuk kunjungan H-1 melalui link berikut bit.ly/PesantiketTMR.

2. Telah divaksinasi COVID-19:

– Dewasa 12+ (dosis kedua diperlukan/kategori hijau) harus diverifikasi untuk Care to Protect.

Anak-anak dari 6 hingga 12 tahun (dengan bukti vaksinasi setidaknya untuk dosis pertama).

3. Wajib check-in dan check-out melalui aplikasi Care Protect. Jika Anda menemukan pelanggaran peraturan vaksinasi, pengelola berhak mengeluarkan yang bersangkutan.

4. Wajib memakai masker di kawasan Taman Margasatwa Ragunan dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

5. Mematuhi pembatasan frekuensi kunjungan pada 75 persen okupansi dan jam operasional.

6. Tidak ada batasan usia (Anak di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua.
Waktu operasional Selasa-Minggu, 07.00-17.00 WIB.