Tak Hanya Danau Toba, Pulau Samosir Punya 5 Destinasi Wisata Menarik

Pulau Samosir termasuk salah satu kabupaten Sumatera Utara, yang menjadi perluasan dari Kabupaten Toba sesuai dengan Undang-Undang Republik Nomor 36 Tahun 2003.

Destinasi Wisata Pulau Samosir

Sebagian besar masyarakat Pulau Samosir merupakan bagian dari suku Batak, tepatnya Batak Toba. Sehingga, peninggalan budaya adat Batak Toba dan tempat wisata lainnya menjadi tujuan para wisatawan, termasuk:

1. Kampung Huta Siallagan

Terletak di desa Ambarita, Huta Siallagan dikenal dengan Batu Persidangan, peninggalan budaya persidangan Batak Toba. Selain itu, kampung ini memiliki rumah adat Batak dengan ornamen dompak dan batu persidangan menjadi ikonik Huta Siallagan.

2. Danau Toba

Tidak hanya menawarkan wisata air, udara sekitar pada danau toba beriklim dingin dan sejuk. Sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan danau terdalam di dunia, kawasan wisata Danau Toba terus mengembangkan pembangunan agar memudahkan akses.

3. Bukit Sibea-bea

Berada pada ketinggian 1021 meter di atas permukaan laut, Bukit Sibea-bea baru saja membangun Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter. Bukit Sibe-bea menjadi destinasi wisata modern, yang telah dirancang dengan jalan berkelok-kelok menuju puncaknya.

4. Museum Hutabolon

Menyimpan peninggalan Suku Batak Toba, Museum Huta Bolon termasuk peninggalan dari Raja Sidauruk. Museum ini juga menggelar pertunjukan Sigale-gale setiap harinya, pada pukul 10.30 dan 11.45, kecuali hari Minggu.

5. Kampung Ulos Huta Raja

Pada sekitar Danau Toba, anda dapat berkunjung ke Kampung Ulos Huta Raja, yang terkenal dengan pembuatan kain ulos khas Batak. Dominan akan warna merah, hitam dan putih disertai tenunan dari benang emas atau perak, kain ulos sering digunakan dalam upacara adat Batak dan menjadi souvenir Samosir.

Pemerintah Kabupaten Samosir juga menyediakan transportasi berupa dua unit bus pariwisata, yang mengelilingi Pulau Samosir dari Pasar Onan Baru sampai 10 tempat objek wisata lainnya. Menarik tarif Rp 100 ribu, para pengunjung dapat menikmati tempat yang dilewati bus.

Kental akan budaya, Festival Pasir Putih Samosir yang setiap tahunnya dilaksanakan. Festival tersebut melibatkan Manguras Tao, ritual pembersihan secara simbolik untuk menghormati lingkungan Danau Toba. Tak lupa festival lainnya yang memegang kegiatan budaya di Samosir.